Laman

Kamis, 10 September 2015

Penelitian Perdana

Pada tanggal 5 September 2015, kami Kelompok Ilmiah Remaja MTs DU menelusuri sungai Bedoyo pada jam 15.30 dari MTs DU yang terdiri dari : Zaidan, Fikih, Novi, Desta, Adel, Angel, Vani, Dessi, Uchta bersama  pembimbing kami bu Nur Sita Hamzati. Kami berangkat menggunakan sepeda dengan jarak tempuh serkitar 3-4 km dengan waktu  setengah jam.

Gambar 1. Penjelasan materi

Setelah kami sampai, kami memulai penelitian kami dengan seedikit pembahasan  materi terlebih dahulu. Pembahasan materi saat itu mengulas tentang pengertian dari KIR. Setelah pembahasan kami di beri kebebasan untuk meneliti apa saja yang ada di sekitar Sungai Bedoyo.kemudian kami mulai mencari target apa yang akan kami teliti masing-masing saat kami akan memulainya tanpa kami sadari ada sekumpulan sapi yang sedang mandi di sungai itu. Lalu, sekumpulan sapi itu menjadi pusat perhatian kami semua.

 Gambar 2.Proses pengamatan
Gambar 3. Proses pengumpulan data

  
Kemudian kami memulainya kembali dengan mencari apa ang akan kami teliti itu, mungkin selama ini kita sudah sering melihat sapi namun belum tentu kita mengetahui keseluruhan  sebagian dari kami pun ada yang meniliti tentang sapi tentang sapi tersebut. Cara kami meneliti pun berbeda beda karena kami memiliki cara sendiri-sendiri dalam meneliti. Selain kami meneliti, kami juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Sungai Bedoyo tersebut. Kami meneliti tidak hanya 1 macam, ada yang 2 bahkan lebih.

Salah satu dari kami pun ada yang mencoba mengamati dan meneliti kolonjono,bentuknya hampir seperti rumput hanya saja ukurannya lebih besar dan terdapat trikoma pada permukaan daunnya.Tumbuhan kolonjono juga sangat bermanfaat apalagi pada peternakan,kolonjono sering di manfaatkan sebagai pangan pada hewan ternak  seperti kambing dan sapi.
Gambar 4. ilustrasi rumput kolonjono
                  
 Setelah itu kami kami di perintahkan oleh pembimbing kami untuk memotret masing-masing obyek penelitian kami sebagai barang bukti bahwa kami telah melakukan penelitian. Namun di saat kami memotret ternyata hasilnya pun tidak sebagus yang sering kami lihat,dari situlah kita mengetahui hal sepele seperti itu pun belum tentu kita dapat melakukanya,kami pun juga ingin agar kami dapat melakukan hal tersebut walupun hanya hal sepele. Berhubung kami belum bisa kami masih membutuhkan pengarahan dari pembimbing kami.

                

 Akhirnya kegitan  untuk meneliti pun telah selesai, karena hari sudah hampir gelap sebelum bersiap untuk pulang kami pun menyempatkan diri untuk melakukan foto bersama untuk mengisi album KIR kami. Setelah itu kami berkemas kemas dan pulang.





penulis; Angel dan Vani



1 komentar: