Laman

Senin, 21 September 2015

Si Hijau Kecil


Apakah kamu mengetahui apa lumut itu ?
Tentunya kalian sudah mengetahui apa lumut itu ??

Lumut termasuk tumbuhan Gametofit karena tumbuhan ini menghasilkan spora yaitu hasil peleburan sel gamet. Lumut adalah tumbuhan yang akrab kita temui ditempat yang lembab. Selain ditempat yang lembab lumut juga tumbuh ditempat yang teduh, berkembang dilantai hutan. Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil. Lumut tingginya mencapai 1-2 cm, sedangkan tinggi lumut yang berada dihutan bisa mencapai 20 cm. Lumut biasanya menempel pada benda maupun tumbuhan yang lembab. Akibatnya bisa jadi karena sering terjadi hujan dan sinar matahari. Ada kurang lebih 12.000 jenis lumut.
Gambar.Contoh Lumut

Penyebab terjadinya adalah kelembaban dan cuaca. Udara yang mengandung uap air yang ada diudara begitu juga sebaliknya jika semakin sedikit uap air yang ada diudara maka akan menjadikan kering. Penyebab timbulnya lumut bisa terjadi karena timbulnya kadar Nitrat. Lumut bisa menghisap makanan dari sesuatu yang ditumpanginya tersebut karena dia terlalu lama menumpangi sesuatu benda tersebut. Semakin lama ditumpangi maka yang akan terjadi yang ditumpanginya itu tidak punya cadangan untuk hidupnya itu.
  • Manfaatnya : 
Untuk obat jantung, obat anti jamur, menahan erosi tanah, mengurangi bahaya banjir, meningkatkan sumber air ,mensuplai oksigen, dan lain sebagainya.
  • Kerugiannya :
Mengotori dinding, melapukkan batu, dan lainnya. Jangan khawatir lumut yang berada ditembok bisa dihilangkan  dengan cara : Tembok dikikis terlebih dahulu lalu dicat. Agar tempat yang lembab itu tidak lagi berkembang biak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar