Laman

Senin, 21 September 2015

Hamparan Padang Rumput Savana

Savana itulah dia formasi formasi yang indah yang terletak jauh disana. Savana adalah formasi rerumputan yang menutupi areal yang luas dari daerah intertropikal. Savana dapat dicirikan dengan graminae tinggi, pohon-pohon besar, dan semak-semak.

Savana berkembang di daerah tropis dengan 2 musim, lembab dan kering. Savana tersusun dari tumbuhan graminae, kebanyakan memiliki batang di bawah tanah yang penuh dengan cadangan makanan (rhizoma) yang dapat membuat mereka dapat bertahan di musim kering nanti.

Pohon yang terdapat di savana umumnya kecil, tidak mencapai lebih dari 15 m, kulit kayunya tebal, berganti daun dan batangnya bercabang membelit. Savana berkembang di daerah yang hangat dengan pergantian musim kering dan hujan (Brazil, Amerika Tengah, Afrika, Asia tenggara, dan Australia Utara).Savana, mungkin kata-kata savana masih jarang terdengar di telinga kita, savana sebenarnya adalah formasi tumbuhan di antara hutan ekuator dan padang subtropis.
Gambar Padang rumput savana (sumber foto : Wisatanature.com)
  
Savana di bagi menjadi 3 tipe;
  • Padang Rumput Savana
 Umumnya tersusun dari rumput panjang, yang tumbuh sekitar 80 cm dan beberapa meter. Padang 
 rumput savana tidak memilki pohon.
  • Savana Semak
Pada savana semak, di sana banyak tumbuhan kayu tumbuh di antara rumput-rumput tinggi. 
Pada savana semak ada semak-semak di daerah terpisah atau menyatu dan pohon kecil seperti Akasia (pohon kecil berduri yang sangat tahan kekeringan). 
  •   Savana Pohon
Savana yang terdapat di pinggiran hutan ekuator. termasuk pohon tinggi seperti Baebab (pohon lambang savana amerika)

Padang rumput savana juga terdapat di Indonesia. Contoh padang rumput savana Taman Nasional Gunung Merbabu, NTT, NTB.
Penulis : Angel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar