Laman

Sabtu, 12 September 2015

Pengambilan Sampel di Muara Sungai Progo

Pada hari Minggu tanggal 13 September 2015. Aku dan teman-teman KIR MTs DU dan dibimbing langsung oleh bu Nur Sita Hamzati melakukan penelitian di Muara Sungai Progo. Kami semua berangkat dari sekolahan menggunakan sepeda. Jarak antara sekolah kami dengan Muara Sungai Progo kurang lebih 5 km. Kami semua berangkat pada jam 07:40 sampai di muara sekitar jam 08:00 WIB.
Sesampainya di sana, kami semua merasa capek. Tetapi rasa capek kami seakan-akan hilang setelah melihat keindahan alam Muara Sungai Progo. Sebelum melakukan penelitian kami semua di beri pengarahan tentang bagaimana cara mengambil sampel. Setelah beberapa menit di terangkan tentang cara pengambilan sampel kami menyiapkan alat dan bahan yang kami bawa dari sekolah. Contohnya seperti plakon, penggaris, toples, alkohol, formalin, kamera dan alat tulis.
Setelah menyiapkan alat dan bahan, kami langsung memulai pengambilan sampel dan kami langsung tertuju pada tepi muara. Tetapi karena kami sulit menemukan sampel yang ingin kami dapatkan, dan kami pun bermain-main air dan bersenda gurau bersama.

Gambar 1. Penanaman mangrove

Namun setelah melihat beberapa orang dari Fakultas Kehutanan UGM yang didanai oleh LIPI, yang sedang menanam Mangrove atau nama lainnya bisa di sebut dengan Bakau lalu kami pun turut membantu menanam tumbuhan mangrove dengan rasa senang. Lalu setelah beberapa menit kemudian kami pun melanjutkan mencari sampel, dan kami pun langsung tertuju pada beberapa kelompok pemancing yang ada di Muara. Dan teman kami yang bernama Angel Syahputri menanyakan pada salah satu pemancing tentang apa saja jenis ikan yang ada di sana, dan setelah di beri tau oleh salah satu pemancing yang sudah berpengalaman memancing di Sungai Progo kini kita bisa mengetahui jenis-jenis ikan yang ada disana.
Setelah banyak bertanya-tanya kepada salah satu pemancing yang ada disana, kami pun menyeberangi muara Sungai Progo. Ditengah muara kami melihat beberapa ikan kecil yang berenang dengan cepat. Sesampainya di tepi muara kami pun mencari sampel-sampel yang kami butuhkan. Kami langsung mendapat sampel-sampel yang dibutuhkan. Setelah kami  menemukan sampel-sampel yang kami butuhkan kamipun langsung memasukanya kedalam plakon. Beberapa makluk hidup yang kami dapatkan antara lain belalang, molusca, dan sebagainya.  Setelah itu kami merekam atau mengambil gambar sampel yang kami dapat.


 


Setelah kami mandapatkan semua bahan yang bisa kami amati, kami pun bergegas untuk pulang ke sekolah. Di saat perjalanan pulang kami semua bersantai-santai di sebuah gubug sambil memakan bekal. Setelah lama bersantai kami pun langsung melanjutkan perjalanan kami ke MTs DU. Sesampainya di sekolah kami pun langsung mengamati sampel makhluk hidup di lab. Dengan rasa senang dan gembira akhirnya kami pun merasa puas dengan penngambilan dan penelitian sampel-sampel makhluk hidup. Terima kasih bu Nur Sita Hamzati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar