Laman

Sabtu, 29 Maret 2014

WEEKEND IN PROGO DELTA #part 1

Gambar 1. Delta Sungai Progo
               Pada hari sabtu siang (29 Maret 2014) adalah jadwalnya ekstrakurikuler di sekolah yaitu KIR. Sudah sekitar 1 bulan kita tidak mengikuti kegiatan sekolah... ya memang karna libur juga sih. Nhaa.. pada hari ini kami semua memulai lagi ekstra KIR di sekolah seperti biasanya. Tetapi hari ini yang mengikuti ekstra KIR cuman 6 orang (fian, pria, putra, hilmen, haida, dan nadia) karena teman2 yang lain sedang ada acara lain. Ya memang jadi terasa sepi karena cuman berenam, jadwal siang ini adalah pengamatan hewan “MOLUSKA” dimana salah satu contohnya siput.
Gambar 3. Menulis artikel

               Yahhh… saat KIR dimulai bu Sita membacakan dan memberi  tawaran agenda pada hari ini yaitu yang saya sampaikan tadi “pengamatan” tetapi ada usul dari salah satu anggota KIR yaitu Pria untuk berjalan-jalan ke pantai trisik mengamati hewan Moluska tersebut. Dan bu Sita menawarkan pada kami semua tentang usul si pria tersebut.. dan akhirnya kami pun setuju, apalagi Alfian sama Nadia yang bias langsung sekalian pulang :D.


Gambar 2. Mencari Moluska
Tepatnya sekitar pukul 13.15 kami bersiap-siap untuk melakukan petualangan di pantai trisik. Kami semua berangkat menggunakan sepeda terkecuali saya (haida) saya bonceng bu Sita menggunakan motor :-). Sesampai di sana saya melihat burung-burung salah satunya adalah burung “cangak abu”  yang berwarna abu-abu, hitam dan putih. Kami juga melihat bekas pijakan kaki burung tersebut. Bukan hanya burung cangak abu saja yang kami lihat tetapi kami juga melihat burung pantai yang berwarna coklat batik yang warna coklatnya hampir sama dengan coklat lumpur, karena kami tidak ada yang tau nama burung tersebut maka kami menyebutnya burung pantai.
Gambar 4. Jejak kaki burung
               Tetapi yang menjadi obyek utama pengamatan kami adalah hewan gastropoda, dann.. yang kami temukan di sana adalah berbagai macam kerang baik yang hidup atopun yang mati. Menurut perkiraan si Pria, dalam 1x1 meter petak contoh itu terdapat sekitar 35 kerang, kerang-kerang tersebut ada yang ditemukan di dalam air, ada juga yang di pingir-pinggir pantai. Dan kerang-kerang yang kami temukan tersebut ada yang berisi dan ada juga yang tinggal cangkangnya.

Gambar 5. Jenis-jenis moluska yang ditemukan di Delta Sungai Progo

               Nhaa.. dari situ kita dapat  mengajukan pertanyaan apakah yang memakan kerang-kerang yang tinggal cangkangnya tersebut adalah burung-burung yang nampak jejaknya?? ..

2 komentar: